Perlawanan Rakyat Ternate Dipimpin Oleh

Terjadinya perlawanan rakyat Ternate dipimpin oleh Sultan Burhanudin Baabullah melawan Portugis menyebabkan Portugis harus meninggalkan Ternate. latar belakang dari perlawanan tersebut adalah…

Masalah Perlawanan Rakyat Ternate Dipimpin Oleh diatas akan Kakak Billi bantu menyelesaikanya yang dapat kamu lihat jawabannya dan pembahasannya seperti di bawah ini.

Pembahasan: Perlawanan Rakyat Ternate Dipimpin Oleh
Setelah berhasil menguasai Malaka pada 1511, Bangsa Portugis melanjutkan perjalanan ke Maluku. Tujuan utamanya menguasai rempah-rempah di Ternate atau Maluku. Awalnya kedatangan Bangsa Portugis disambut hangat oleh raja dan rakyat Ternate. Bahkan Portugis diberi kesempatan mendirikan benteng dan hak monopoli perdagangan cengkeh. Keserakahan Portugis dan ketentuan harga cengkeh yang terlalu rendah, membuat rakyat Ternate atau Maluku sengsara. Permusuhan antar keduanya pun tidak dapat dihindarkan. Di Ternate, terjadi pertempuran antara tentara Portugis melawan tentara Sultan Hairun dari tahun 1550. Pada tahun 1570, Sultan Hairun dibunuh oleh Portugis. Akibatnya, pengganti Sultan Hairun, yaitu Sultan Baabullah, bersumpah akan terus memusuhi Portugis dan mengepung benteng Portugis di Ternate. Benteng ini berhasil bertahan selama empat tahun, hingga akhirnya tentara Sultan Baabullah berhasil menjebol pertahanan benteng. Portugis tidak dapat mengirim bala bantuan karena Malaka sedang dikepung oleh Kesultanan Aceh.
Dengan demikian, latar belakang terjadinya perlawanan Ternate adalah karena keserakahan Portugis dalam menguasai perdagangan rempah-rempah dan tindakan Portugis yang berbuat sewenang-wenang terhadap rakyat Ternate, disamping itu terdapat sebab khusus perlawanan yaitu terbunuhnya Sultan Hairun oleh Portugis yang mengakibatkan kemarahan dari Sultan Baabullah.
 

Jalan keluar dari maslaha Perlawanan Rakyat Ternate Dipimpin Oleh diatas, mudah-mudahan bisa menambah wawasan kalian semua.